Minggu, 06 Februari 2011

Memindahkan Posisi Kursor Menggunakan Keyboard


Ketika proses pengetikan sedang berlangsung,kita dapat menggunakan beberapa tombol keyboard berikut ini untuk menyunting teks yang sedang diketik.

  • Backspace
Digunakan untuk menghapus satu karakter di sebelah kiri kursor.
  • Delete
Digunakan untuk menghapus satu karakter di sebelah kanan kursor.
  • Insert
Digunakan untuk menyisipkan karakter baru diantara dua karakter yang telah diketik.


Memindahkan posisi kursor menggunakan keyboard:

Home      :     Memindahkan kursor ke awal baris.
End        :     Memindahkan kursor ke akhir baris.
PgDn       :     Memindahkan kursor satu layar ke bawah.
PgUp       :     Memindahkan kursor satu layar ke atas.
Ctrl+Home:     Memindahkan kursor ke awal dokumen.
Ctrl+End  :     Memindahkan kursor ke akhir dokumen.
Ctrl+PgDn :     Memindahkan kursor ke dasar layar.
Ctrl+PgUp :     Memindahkan kursor ke puncak layar.
Shift+F5  :     Memindahkan kursor ke tempat sebelumnya.

Memilih Teks Menggunakan Keyboard


Memilih Teks:
Tempatkan kursor pada posisi awal teks.Tekan dan tahan tombol Shift,tekan tombol panah melewati teks yang akan dipilih.

Memilih  Teks Sampai Akhir Baris:
Tempatkan kursor pada posisi awal teks yang akan dipilih,tekan tombol Shift+End.

Memilih teks sampai Awal Baris:
Tempatkan kursor pada posisi akhir teks yang akan dipilih,kemudian tekan tombol Shift+Home.

Melepaskan pilihan:
Tekan salah satu tombol panah.

Memilih teks menggunakan mouse:
"klik" item. Ketika diminta untuk klik, lakukan:
1. Arahkan mouse pointer ke item tersebut.
2. Tekan tombol kiri mouse sekali.

Jika Anda diminta untuk klik dua kali item, lakukan:
1. Arahkan mouse pointer ke item tersebut.
2. Dengan cepat tekan tombol mouse kiri dua kali.

Jika Anda diminta untuk klik kanan, lakukan:
1. Arahkan mouse pointer ke item tersebut.
2. Tekan tombol mouse sebelah kanan.

Membuat Dokumen Baru


Membuat dokumen baru pada microsoft office word atau membuat file baru, bagi yang belum mengenal file silahkan baca di sini.
Cara membuat dokumen baru pada microsoft office word adalah sebagai berikut :
Jalankan Microsoft office word dengan klik Start-All Programs-Microsoft Office-Microsoft Office Word, sehingga masuk pada lembar kerja microsoft office word. Lihat gambar berikut:



Setelah itu perhatikan pada baris menu yang terdiri dari File, Edit, View, Insert, Format, Tools, Table, Windows dan Help kesemuanya itu adalah menu-menu yang dapat digunakan dalam operasi microsoft office word.
Kali ini karena kita hendak membuat dokumen baru atau File baru maka logikanya akan kita gunakan menu File. Jadi klik menu File kemudian pilih New atau bisa juga dilakukan dengan menekan CTRL+N pada keyboard (tanpa tanda + ya) atau dengan cara klik icon New Blank Document pada ToolBars.


Setelah membuat dokumen baru, perhatikan pada baris judul yang menyatakan nama dokumen saat itu yaitu Document2, jika menekan CTRL+N kembali maka pada baris Judul ditampilkan nama dokumen baru yaitu Document3 dan seterusnya.
Nah sekarang bagaimana cara memilih dokumen tertentu untuk mengetik dokumen, misalkan anda ingin mengetik surat penawaran atau surat keterangan pada document3 maka klik menu Window kemudian pilih Document3. Selanjutnya anda sudah siap untuk mengetik surat ataupun apa saja dalam document3. Untuk kembali ke dokumen pertama (document1) lakukan klik pada menu Window kemudian pilih nama documen yang hendak di edit.
Setelah mengetik jangan lupa untuk menyimpannya dengan cara klik menu File-Save As dan ketiklah nama file yang sesuai dengan isi dokumen tersebut, misalnya surat.doc.

Menyimpan Dokumen

Dokumen yang telah anda ketik dapat anda simpan ke media penyimpan yang permanent baik ke harddisk, falsh disk maupun media penyimpan lainnya. Adapun untuk menyimpan dokumen dapat anda lakukan dari beberapa cara antara lain.

Ø     Melalui menu File, Save.
Ø     Melalui menu File, Save As.
Ø     Melalui ikon Save yang ada di toolbar.
Ø     Melalui ikon Save yang ada di toolbar.
Ø     Melalui keyboard dengan perintah Ctrl+S.

Menyimpan melalui menu File, Save
Perintah File, Save (Ctrl+S) digunakan untuk menyimpan dengan nama yang sama kemudian anda melanjutkan lagi pengetikan. Bila dokumen anda belum pernah disimpan anda dapat melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Klik menu File, Save akan muncul gambar kotak dialog sebagai berikut:
 


  • Pada kotak File Name langsung anda ketik nama file yang anda inginkan missal: TUGAS-1.
  • Pada pilihan Save in anda klik tanda panah kemudian anda pilih folder sebagai tempat untuk menyimpan dokumen anda mislnya My document.
  • Klik Save untuk menyimpan.

Menyimpan dengan Perintah File, Save As.
Perintah File, Save As digunakan untuk menyimpan dengan memberikan nama yang lain. Untuk menjalankan perintah ini dapat anda lakukan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Klik menu File, Save As.
  • Pada kotak File Name langsung anda ketik nama file yang anda inginkan missal: TUGAS-2.
  • Pada pilihan Save in anda klik tanda panah kemudian anda pilih folder sebagai tempat untuk menyimpan dokumen anda mislnya My document.
  • Klik Save untuk menyimpan.

Cara Menutup,Membuka,Keluar dari program Ms Word


1.  Menutup Dokumen Bila anda ingin menutup dokumen yang sudah anda simpan anda dapat memilih menu File, Close atau anda mengklik tombol Close Window yang ada di pojok kanan atas sejajar dengan Menu Bar.

2.  Membuka Dokumen Yang Sudah Tersimpan
   Untuk membuka dokumen yang sudah pernah anda simpan
   dapat anda lakukan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Klik menu File, Open.
  • Pada kotak dialog Open pada pilihan Look In silahkan anda klik kemudian pilih folder tempat file yang anda buka.
  • Klik Open yang ada di kotak dialog Open/CTRL+O

3.  Keluar dari program m.s word
   pilih menu file lalu exit atau pilih icon close di atas.

Cara Menggunakan Cut,Copy,Undo dan Redo


Memindahkan Teks :
1. Blok teks yang akan dipindah.
2. Pilih dan klik menu Edit-> cut atau pilih ikon cut atau dengan CTRL+X.
3. Tempatkan kursor dilokasi baru.
4. Pilih dan klik menu Edit-> Paste atau pilih ikon paste atau dengan CTRL+V.

Menyalin Teks :
1. Blok teks yang akan disalin.
2. Pilih dan klik menu edit->copy atau pilih ikon copy atau dengan CTRL+C.
3. Tempatkan kursor dilokasi baru.
4. Pilih dan klik menu edit->paste atau pilih ikon paste atau dengan CTRL+V.

Menggunakan Undo :
1. Undo digunakan untuk membatalkan perintah.
2. Edit->undo atau pilih ikon undo pada toolbar.

Menggunakan Redo :
1. Redo digunakan untuk membatalkan undo.
2. Edit->redo atau pilih ikon redo pada toolbar.

Mencari dan Mengubah Kata


  • Tekan Ctrl + F
  • Terbuka bingkai find and replace dengan satu kotak dialog.
  • Klik replace, terbuka bingkai find and replace dengan dua kotak dialog.
  • Ketik kata yang akan diubah pada kotak find what, misal JOMBANG. (sebelum dan sesudah kata JOMBANG beri spasi satu. Sebenarnya tanpa diberi spasi sudah cukup namun kadang hasil pengetikan berubah).
    • Ketik kata pengganti pada kotak replace with, missal KEDIRI
    • Klik replace all. Lihat hasilnya semua kata JOMBANG berubah menjadi KEDIRI.
Hal lain yang perlu diperhatikan, bentuk huruf (besar atau kecil) dan tanda baca termasuk dalam teknik ini. Maksudnya, bila kata yang akan diubah diikuti tanda tanya dan diganti dengan kata yang diikuti tanda titik maka pengetikannya pun juga menyertakan tanda baca titik.

Cara Membuat Kolom


Cara Membuat Kolom Seperti Koran di Microsoft Word
Sebenarnya terdapat beberapa cara agar format tulisan dalam Microsoft Word ini tapi dalam tulisan ini saya menjelaskan dengan menggunakan fungsi Column. Inilah tahapannya:
1.  Pilih menu Format > Columns 

2.  Pilihlah jumlah kolom yang anda inginkan
3.  Tekan tombol “OK” 
 
 

Setelah anda menjalankan 3 langkah di atas, tampilan MS Word anda telah terbagi menjadi sejumlah kolom yang anda pilih tadi. Anda dapat mengembangkan lagi menjadi lebih baik dari tulisan ini dengan tampilan yang mungkin lebih menarik.

Menyisipkan Tabel ke Dalam Naskah


Cara membuatnya:
Pada baris menu klik menu Table-Insert-Table sehingga muncul jendela Insert Table, lihat gambar di bawah ini, kemudian tentukan jumlah Kolom dan Baris dalam table tersebut misalnya jumlah kolom table adalah 4 kolom dan jumlah baris dalam table tersebut adalah 6 baris. Sehingga pada Number of Columns diisi dengan angka 4 dan number of rows diisi dengan angka 6 seperti terlihat dalam gambar berikut:


Setelah itu klik pada AutoFormat untuk memilih bentuk-bentuk atau format table yang sesuai dengan keinginan kita seperti pada gambar berikut:


Dari gambar di atas saya membuat table dengan template/auto format Table Grid 8.Anda bisa mencoba menggantikannya dengan bentuk table lainnya dengan cara klik satu persatu contoh table yang ada.

Cara Menambah Border and Shading


1.  Pilih format seperti pada gambar di bawah ini.


2.  Setelah itu akan muncul beberapa pilihan,seperti pada gambar berikut:


3.  Sorot atau pilih pilihan borders and shading pada pilihan tersebut seperti pada gambar berikut:


4.  Setelah anda menyorot borders and shading, di page anda akan muncul sebuah tabel seperti pada gambar berikut:


5.  Jika anda ingin borders anda berwarna sorotlah table yang tertera automatic sehingga muncul table kecil yang berisi beragam warna, lihatlah gambar berikut:


6.  Setelah anda memilih warna kesukaan anda,anda juga dapat menghiasi kertas atau file anda dengan hiasan yang cantik dan unik, seperti gambar berikut:


7.  Setelah anda yakin dengan pilihan anda.sorotlah pilihan oke seperti pada gambar berikut:


8.  Beberapa detik kemudian akan muncul hiasan hiasan yang anda telah pilih tersebut, lihatlah gambar dibawah ini:


9.  Jika anda ingin memberikan motiv pada tulisan anda, lalukan seperti langkah awal lalu klik atau sorot pilihan shading pada table yang muncul seperti poada gambar di bawah ini:


10.  Lalu pilih warna yang anda inginkan pada table warna yang telah tersedia, jika anda menginginkan memberikan motif dan warna pada motiv yang anda pilih,sorotlah table kecil lalu pilih sesuai yang kita inginkan anda,seperti pada gambar dibawah ini:


11.  Setelah betulyakin pada pilihan anda pilih atau klik ok pada kotak, seperti pada gambar yang saya berikan di bawah ini:


12.  Setelah anda menyorot atau mengklik ok, di page anda akan muncul hiasan dan latar yang bermotif seperti yang anda inginkan, sperti pada gambar di bawah ini:

Menggunakan Bullets and Numbering


1.  Klik pada menu Format lalu pilih Bullets and Numbering
 
2.  Jendela bullets and numbering akan tampil seperti gambar di bawah ini. perhatian jendela bagian atas, terdapat beberapa pilihan. pada tahap ini kita pelajari dulu bagian Bulleted (bulleted tidak menampilkan nomor, tapi menampilkan simbul-simbul pada awal tulisan). Pilihlah salah satu simbul, pada contoh ini saya pilih simbul panah kecil. setelaah dipilih klik pada customize untuk mengatur parameter lebih lanjut.

3.  Tampilan Customize bulleted list seperti gambar di bawah ini.  ini merupakan hal yang paling penting dalam mengatur bulleted. mari dibaca dengan teliti ya, di sini akan saya jelaskan satu per satu.

Bullet character untuk memilih simbul apa yang digunakan, disitu sudah tersedia beberapa pilihan. jika kamu kurang suka kamu bisa menambahkan dengan 3 tombol-tombol di bawahnya, yaitu font, character, dan picture.
sedangkan pada Bullet position terdapat tiga pengaturan yaitu Indent at atas, tab space after, dan indent at bawah. Indet at atas berfungsi untuk mengatur posisi simbul, indet at atas ini ditandai dengan icon segitiga kecil bagian atas yang berada pada ujung kiri mistar. Untuk mentukan ukuran silahkan lihat pada mistar (isi sesuai dengan keinginanmu). pada contoh ini saya buat 0,63. Tab Space after untuk menentukan jarak antara simbul dengan teks bagian atas  ukuran tab space after harus lebih besar dari ukuran indent at atas. tap space after ini ditandai dengan icon seti tiga kecil bagian tengah pada ujung kiri mistar. dan Indent at bawah untuk mentukan jarak simbul dengan teks urutan nomor dua dan seterusnya, ukuran indet at bawah ini agar rapi ukurannya harus sama dengan tab space after.
jika sudah diatur, silahkan klik pada tombol OK.

 
Hasilnya akan tampak seperti gambar di bawah ini. perhatikan icon icon yang ada pada mistar, icon telah berubah sesuai dengan  yang telah ditentukan tadi.

Untuk penjelasan mengenai  pengaturan Bulleted saya rasa sudah cukup jelas, sekarang dibahas mengenai Numbered.
untuk pengaturan numbered tidak jauh berbeda dengan pengaturan bulleted, tinggal klik pada tab Numbered, kemudian pilih salah satu pilihan numbered yang tersedia, pada contoh ini saya pilih abc, kemudian klik pada tombol customize

dibawah ini merupakan jendela  customize numbered list, agak berbeda sedikit bagian atasnya. karena numbered ini tidak berupa simbul maka yang ada adalah number format, number style, start at, dan number position.
Number format berfungsi untuk menambahkan tanda tertentu, misalnya tanda titik diganti menjadi tanda kurung tutup, tapi untuk hurufnya jangan digantiNumber style untuk memilih model numbernya, mau huruf besar atau kecil, berupa angka biasa atau angka romawi. Start at untuk menentukan awalan number nya, misalnya mau dari a atau c, atau kalo berupa angka bisa dari 3 atau yang lainnya.  dan pada number position ini untuk menentukan posisinya condong ke arah mana, kiri, kanan, atau tengah. pada fungsi ini diabaikan juga tidak masalah menurut saya.
untuk aturan yang lain seperti Aligned at, tab space after dan indent at langkahnya sama dengan pengatura pada bulled yang telah dibahas paling awal tadi.


Menggunakan Drop Cap


1.  Pilih huruf pertama dari paragraf.
2.  Pada Insert tab, Text group, klik Drop Cap.


3.  Pilih posisi Drop Cap:
o        Dropped: Drop Cap ditempatkan dalam paragraf. 
o        In margin: Drop Cap ditempatkan dalam margin.


4.  Ulangi langkah-langkah di atas bila ingin mengganti posisi Drop Cap.

Cara Edit Drop Cap:
1.  Pilih Drop Cap yang ingin diubah.
2.  Pada Insert tab, Text group, klik Drop Cap dan pilih Drop Cap Options.


3.  Pada bagian Position, atur posisi Drop Cap yang diinginkan.
4.  Pada bagian Options, pilih:
o        Font: untuk mengubah tipe font.
o        Lines to drop: untuk mengatur tinggi baris Drop Cap.
o        Distance from text: untuk mengatur jarak Drop Cap dengan teks dalam paragraf.
5.  Klik OK bilas sudah selesai.

Cara Membuat Header dan Footer


  • Pilih menu “view –> header and footer”

  • Silakan ketik kalimat yang akan muncul sebagai header di dalam kotak yang bergaris putus-putus
  • Klik tombol “switch between header and footer” 
  • Silakan ketik kalimat yang akan muncul sebagai footer di dalam kotak yang bergaris putus-putus
  • Jika telah selesai klik tombol “Close”.

Cara Mencetak Dokumen

Apabila kita ingin mencetak dokumen (print) kita, dokumen tersebut harus sudah diaktifkan atau ditampilkan di layar. Untuk mencetak dokumen yang sedang aktif di layar, ikuti langkah berikut ini:
1.  Pilih dan klik menuFile-> Print . Kotak dialog Print akan ditampilkan.
2.  Pada tombol daftar pilihan Name , pilih dan klik nama printer yang kita inginkan.
3.  Kita bisa menentukan halaman yang akan kita cetak dengan cara melakukan pemilihan dan pengisian pada kotak Page Range.


·        Klik pilihan All, jika Kita bermaksud mencetak seluruh isi dokumen.
·        Klik pilihan Current page, bila hanya ingin mencetak halaman yang tampil di layar.
·        Klik pilihanSele ction bila ingin mencetak teks yang kita pilih.
·        Klik pilihanPages bila ingin mencetak dokumen yang kita pilih.

4.  Apabila kita ingin mencetak dokumen tersebut lebih dari sati kali, isilah kotak isian Number of Copiesdengan jumlah salinan yang kita inginkan.
5.  Pada tombol daftar pilihan Print what, pilihDocument bila ingin ingin mencetak isi dokumen
6.  Tentukan halaman yang akan dicetak pada tombol pilihanPrint.
·        All pages in range,bila kita ingin mencetak halaman ganjil maupun halaman genap
·        Odd pages,jika Kita ingin mencetak halaman ganjil saja
·        Even pages,jika Kita ingin mencetak halaman genap saja. 
7.  Klik OK.